Bela Negara Bersama Resimen Mahasiswa

       Aktif berkegiatan di Resismen Mahasiswa (Menwa) adalah wujud nyata bela negara. Menwa UAD di kampus berfungsi sebagai stabilitator dan dinamistator. Tidak hanya sebagai wadah, Menwa juga menjadi sarana pengembangan diri mahasiswa untuk memperluas wawasan, meningkatkan upaya bela negara dan penguatan ketahanan Nasional. Terlebih Menwa berada di bawah naungan MOU empat menteri Indonesia, yaitu Menteri Pertahanan RI, Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan RI, serta Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

      Sebagai organisasi pusat, aktivitas anggota Resismen Mahasiswa Indonesia yang telah berdiri sejak 13 juni 1959 terdiri dari tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota serta di perguruan tinggi. Satu hal menarik di UKM Menwa adalah pendidikannya sebagian besar dilatih oleh pelatih TNI di tempat pendidikan militer.

      UKM Menwa UAD memiliki slogan “Jujur, Disiplin, Tangkas”. Sejak berdiri pada 10 januari 1978,  Menwa telah meraih sederet prestasi. Seperti Juara 2 Halang Rintang di Universitas Sebelas Maret(UNS) solo tahun 2015, Juara 2 Lomba Halang Rintang di Universitas Diponegoro (UNDIP) semarang tahun 2013, Juara Harapan 1 Lomba Cross Country di Universitas Diponegoro semarang tahun 2013, Juara 2 Lomba Halang Rintang di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2012, dan masih banyak lagi prestasi lainnya yang pernah diraih.

       Di Menwa mahasiswa dapat mengembangkan ilmu yang didapat dalam perkuliahan. Mahasiswa juga akan diberi pelatihan tentang pengabdian dengan ilmu pengetahuan dan keprajuritan, serta dapat mengembangkan minat dan bakat yang bisa menambah kecintaan terhadap tanah air Indonesia sebagai kaum intelektual dan prajurit.

      Saat ini UKM Menwa UAD sedang membuka penerimaan anggota baru, khususnya bagi Mahasiswa Baru (Maba) UAD. UKM ini membuka pendaftaran setiap harinya di sekretariat. Bagi anda yang tertarik langsung saja datang ke gedung ITC lantai 1 Jalan Kapas No. 9, Semaki,Yogyakarta. [Novia]

Pendaftaran gelombang 1   : 31 Agustus-14 september 2016

Pendaftaran gelombaang 2 : 15 September- 30 September 2016

Persyaratan :

  1. Warga negara indonesia
  2. Mempunyai jiwa nasionalisme
  3. Mahasiswa aktif UAD (maksimal semester 3)
  4. Sehat jasmani dan rohani

persmaporos

Menyibak Realita

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *