Niat Promosikan Kampus, UAD Kelola Orion

“UAD sendiri punya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bola kenapa tidak dikelola?,” tanya Pramono

       Poros – Tahun ajaran 2015/2016 ada yang berbeda dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Saat ini UAD menjalin kontrak kerjasama dengan klub Bola Orion UAD, salah satu klub yang berlaga di divisi utama Yogyakarta.

Afan Kurniawan selaku orang yang diberi tanggung jawab dalam mengelola klub tersebut mengungkapkan jika UAD ingin mempunyai klub sepak bola di Yogyakarta. “Di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) punya Hizbul Wathan (HW), Akademi Perindustrian (AKPRIND) punya Kesatria, UAD kapan?,” ungkap Afan yang saat ini juga menjabat sebagai kepala Biro Finansial dan Aset (BIFAS).

Afan mengungkapkan jika Orion UAD awalnya berasal dari Margaria grup, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri batik. “Pada bulan september 2015 Margaria menyerahkan pengelolahan Klub Orion ke UAD,” ungkap Afan.

Saat ditanya apakah ada dana yang mengalir soal perpindahan kerjasama dari Margaria ke UAD, ia mengatakan tidak ada anggaran sama sekali dalam kerjasama ini. ”Kita mendapatakan Orion itu Rp. 0,” ungkap Afan Kurniawan yang juga menjadi penggiat sepak bola.

Namun bagi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sepak bola UAD ada hal yang mengganjal dari kepemilikan Klub Orion UAD. Pramono selaku Ketua UKM sepak bola mempertanyakan pengelolaan serta dampak kepada UKM sepak bola kedepannya. “UAD sendiri punya UKM bola kenapa tidak dikelola?,” tanya Pramono.

Pramono juga mengkhawatirkan jika sumber dana UKM akan digunakan untuk membiayai klub tersebut. “Sumber dana Orion ini darimana? apakah prosedurnya sama seperti UKM lainnya, yang satu tahun dapat anggaran berapa, Orion seperti itu enggak?,” tambahnya.

Kekhawatiran tersebut sempat dipikirkan oleh Afan kurniawan ia merasakan akan ada kesenjangan antara UKM bola dan Orion UAD. Namun ia menegaskan jika Orion itu akan menjadi media promosi UAD kedepannya. “Orion itu tidak nyaklek bola, tapi media promosi kita (UAD–red),” paparnya. Afan juga menjelaskan bahwa untuk operasionalnya, Orion juga harus membuat proposal seperti unit kegiatan lainnya.

Hal senanda juga diungkapkan oleh Abdul Fadlil selaku wakil rektor III UAD, ia menjelaskan bahwa Orion UAD akan menjadi brand UAD. “Jadi tidak ada hubunganya dengan UKM bola, ini sekaligus media promosinya UAD,” ungkap Fadlil yang kini juga mengajar di Fakultas Teknik Industri.

Abdul Fadlil juga mengatakan jika Orion UAD adalah bentuk dari pengabdian yang dilakukan UAD kepada masyarakat. ”Pengelolaan Orion UAD bagian dari pengabdian Mayarakat UAD,” tambahnya. [Ilham]

Please follow and like us:

persmaporos

Menyibak Realita

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *