Rektor Baru UAD Muchlas akan Fokus pada Peningkatan SDM

Minggu, 20 Oktober 2019 dalam rangka menjaga dan membangun suasana harmoni keluarga besar Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) musik menggelar acara bertajuk “Ahmad Dahlan Harmony” di Rooftop Gedung Laboratorium Kampus IV UAD.

Saat ditemui reporter Poros, Muchlas selaku rektor terlantik periode 2019-2023 menyatakan akan berfokus pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), karena menurutnya SDM di UAD masih kurang.

“Kita ke depan UAD ini akan diperkuat di SDM-nya, yang selama ini mungkin masih agak kurang, kami juga tidak akan berfokus pada infrastruktur, kuncinya kita akan fokus di peningkatan SDM,” katanya saat diwawancarai reporter Poros.

UAD saat ini memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pihaknya menargetkan Tahun 2022 akan memperoleh akreditasi yang lebih unggul.

Terkait dengan peningkatan SDM, langkah yang akan ia ambil adalah melakukan percepatan guru besar, percepatan peningkatan jabatan akademik, rekrutmen doktor, atau mengirim dosen-dosen untuk menempuh jenjang strata tiga (S3) .

Menurutnya dengan melakukan hal tersebut lulusan UAD akan banyak terserap di dunia kerja dengan tetap membawa moral and intellectual integrity. “Pada masa Kasiyarno yang baik kita akan tingkatkan yang kurang nanti kita akan berikan pengembangan-pengembangan yang baik lagi,” ucapnya.

Di sisi lain, ia juga berkomitmen untuk menjaga ketahanan finansial UAD sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi karyawan dan dosen.  Dengan dipilihnya Muchlas sebagai rektor baru, tentunya banyak harapan-harapan dari civitas akademik yang harus diraih.

Salah satu harapan tersebut datang dari Lalu Muhammad Zainuddin Furqon selaku ketua UKM musik. “Harapan kita kepada Pak Muchlas salah satunya tidak ada sekat antara mahasiswa, dosen, dan pimpinannya,” ujar Furqon.

Ahmad Dahlan Harmony: Apresiasi dan Rasa Syukur

Acara Ahmad Dahlan Harmony digelar sebagai bentuk apresiasi kepada Rektor UAD periode sebelumnya, Kasiyarno atas dedikasinya membangun UAD selama 12 Tahun. Selain itu acara ini juga sebagai rasa syukur atas dilantiknya Muchlas sebagai rektor baru di UAD. Hal ini dikatakan Dedi Pramono selaku Kepala Bimawa dalam sambutannya.

“Sebagai penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Kasiyarno yang telah memimpin UAD dari 2007 hingga 2019 dan ucapan selamat kepada bapak rektor yang baru,” ucap Dedi dalam sambutan.

Acara yang berlangsung dari pukul 19:30 sampai 23:00 WIB tersebut dihadiri langsung oleh rektor terlantik Mukchlas, Kasiyarno, Da’i Kondang Wijayanto, para dosen beserta istri dan anaknya, dan para Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Acara tersebut ditutup dengan foto bersama dengan jajaran kampus, dan para dosen.

Reporter :Us’an dan Mei

Penulis : Us’an

persmaporos

Menyibak Realita

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *