128 views

Sempat Tertunda, Pemilwa 2021/2022 Mulai Dipersiapkan

Seiring dengan dilantiknya Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) pada 16 Maret lalu, persiapan Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa) pun mulai digarap. Saat diwawancarai Poros melalui pesan WhatsApp (22/03), Widi selaku wakil ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPMU) menjelaskan bahwa KPUM sudah menyiapkan beberapa persiapan untuk melancarkan acara Pemilwa tahun 2021.

“Alhamdulillah KPU sudah terlantik, sehingga setelah serangkaian kegiatan Pemilwa selesai InsyaAllah kongres segera dilanjutkan,” ujarnya.

Sementara itu, Rafly Rizza Al Fachri selaku ketua KPUM 2021 mengatakan bahwa Pemilwa rencananya akan dilaksanakan sebelum H-1 lebaran. Namun, setelah ditanya mengenai waktu pelaksanaan Pemilwa, Rafly Rizza belum bisa memberi jawaban konkretnya. Pasalnya, pihak KPUM masih pada tahap mencari waktu yang pas untuk pelaksanaan Pemilwa.   

“Untuk rencana pemilwa sendiri InsyaAllah dari pusat itu sebelum H-1 lebaran, dikarenakan situasi ramadan dan lebaran pun semua orang bakal kembali ke kampung halaman masing-masing,” ujarnya.

Kemudian, Rafly Rizza menambahkan terkait pelaksanaan sosialisasi Pemilwa, dirinya menuturkan bahwa di tahun 2021 sosialisasi Pemilwa akan dilaksanakan secara luring dan daring. Sebab, kehadiran seluruh Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sangat penting dalam sosialisasi Pemilwa agar dapat memahami setiap teknis sekaligus turut andil dan berpartisipasi.

Akibat masa pandemi yang masih berlangsung, lanjut Rafly, KPUM akan bekerja sama dengan Sistem Informasi Manajemen Ruang (SIMERU) UAD guna mengumpulkan data untuk mengetahui jumlah mahasiswa aktif. Sementara, terkait dengan pemungutan suara, pria yang baru dilantik per-tanggal 16 Maret itu menjelaskan bahwa pemungutan suara akan dilaksanakan secara daring.

“Karena menyangkut pandemi seperti ini, tidak memungkinkan untuk tetap melakukan secara offline dan juga mengenai tempat yang yang biasanya di kampus sangat minim juga untuk melakukan halnya,” jelasnya.

Di akhir wawancara, Rafly Rizza menyampaikan bahwa KPUM sedang mempersiapkan beberapa hal terkait peraturan yang sekiranya harus dilakukan dan patut untuk dipahami oleh seluruh KBM UAD, supaya kejadian tidak mengenakkan di tahun sebelumnya tidak lagi terulang.

Rafly Rizza berharap agar Pemilwa kali ini dapat berjalan dengan lancar secara adil dan demokratis, sehingga dapat menciptakan insan yang patut menjadi penerus pemimpin UAD, “Mari kita sukseskan Pemilwa bersama-sama dengan budayakan kejujuran, sukseskan pesta demokrasi,” ujarnya mengakhiri.

Penulis: Dea Amalia (Anggota Magang Divisi Redaksi)

Penyunting: Kun Anis

Persma Poros

Menyibak Realita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.