Tips Sukses Kuliah dan Usai Kuliah

Loading

Tips Sukses Kuliah dan Usai Kuliah

Oleh: Yuni Martanti

Lulus SMA, salah. Tidak punya keahlian, salah. Lulus kuliah, juga salah. Kenapa banyak sarjana menganggur?

Bingung! Itulah hal yang sering kerap kali dialami generasi muda yang sekarang sedang menuntut ilmu. Bukankah kian tinggi sekolah akan membuat orang semakin mudah menggapai kesuksesan atau keberhasilannya? Ternyata belum tentu. Kuliah saja tidak cukup tanpa dibarengi dengan sikap dan tindakan yang tepat selama menjalani masa pendidikan.

Tampaknya, sebagian mahasiswa belum menyadari peran dan pentingnya sebagai generasi muda penerus bangsa, pelanjut keluarga, dan untuk hidupnya sendiri. Akibatnya, setelah menjadi sarjana tidak punya pilihan hidup, terpaksa menjadi penganggur. Kenapa banyak sarjana menganggur? Karena mereka tidak sadar bahwa manusia diberi kebebasan untuk memilih. Lalu apa yang harus dilakukan para mahasiswa untuk mengantisipasi masalah tersebut? Itulah tampaknya inti yang ingin diungkap dalam buku Lulus Kuliah Cari Kerja? Kuno! ini.

Semua orang pasti ingin berhasil. Tapi mengapa faktanya tidak semua orang dapat berhasil? Hal itu menjadi perhatian Dodi Mawardi dan menawarkan beberapa solusi cerdas. Menurutnya, ada dua faktor utama penyebab orang tidak berhasil. Pertama, tidak mengetahui cara-cara unuk berhasil. Kedua, sudah tahu bagaimana cara berhasil tetapi tidak menjalankannya (halaman 3).

Ketika sudah tahu cara berhasil, berarti tinggal menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Untuk menjalankannya tentu membutuhkan beberapa langkah. Langkah-langkah tersebut terdapat pada bagian I bab 1 buku ini, yang berisi langkah-langkah dasar menggapai sukses. Setelah langkah dasar dicapai, maka bab 2 dari buku ini menguraikan langkah praktis meraih sukses. Selanjutnya, bab 3 membahas langkah taktis menuju puncak.

Selain menguraikan langkah-langkah untuk sukses, penulis juga menampilkan contoh konkrit mahasiswa yang berhasil berbisnis seperti pendiri primagama, pengusaha minyak wangi dan masih banyak lagi. Semua itu dipaparkan dibagian 2 bab 3. kemudian bab 4 mengulas tentang berbagai pilihan hidup buat orang muda. Ada berbagai pilihan usaha mandiri dan professional. Dodi Mawardi juga membandingkan antara memilih usaha mandiri dan menjadi pekerja.

Baca Juga:  Knives Out: Mari Tebak Siapa Pembunuhnya!

Sebagai orang yang ingin berhasil atau sukses, tentu perlu merenungkan kembali. Banyak kisah yang dapat menjadi pelajaran berharga buat kita. Beberapa cerita yang merupakan kisah nyata dapat menjadi teladan untuk kita dalam menjalani hidup agar berhasil (halaman 127).

Bagaimana jika terpaksa menjadi karyawan? Bagian 4 sekaligus menjadi penutup dari buku ini, menjawab pertanyaan di atas. Penulis berharap, jika menjadi karyawan jadilah karyawan yang dicari-cari perusahaan (head hunter). Mereka yang melamar anda! jika ini yang anda alami, maka bersiap-siaplah menjadi petinggi di perusahaan itu, dengan syarat anda mampu menunjukkan prestasi (halaman 146).

Dengan kandungan yang sarat motivasi dan inspirasi buku tersebut dapat menjadi panduan bagi para mahasiswa yang benar-benar ingin sukses setelah kuliah. Namun, membaca buku ini belum cukup tanpa mempraktikkannya. Baca dan praktikkan !

Persma Poros
Menyibak Realita